Rabu, 11 Juli 2012

Ayat-ayat yang sering disalahartikan untuk memerangi kafir

Banyak ayat-ayat Al-Qur'an yang sering disalahartikan dan dijadikan alasan untuk menuduh bahwa islam adalah agama yang kasar,sewenang-wenang dan pembunuh orang-orang kafir.

Diantara ayat Al-Qur'an yang sering disalahartikan tersebut antara lain :

1. ''Dan perangilah mereka,supaya jangan ada fitnah dan supaya agama itu semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari kekafiran) maka sesungguhnya Allah Maha melihat apa yang mereka kerjakan (QS 8:39)

Penjelasan ayat tersebut :
(Untuk lebih jelas,baca ayat sebelumnya di Al-Qur'an)
Ayat ini diturunkan pada saat perang Badar, dimana umat islam mengalami penindasan. Pemicu terjadinya perang adalah karena umat islam tidak mau menyembah berhala-berhala kafir,oleh karena itu,banyak penindasan yang dilakukan kafir terhadap islam,maka dianjurkan perang sampai tak ada lagi, dan supaya agama islam semata-mata hanya menyembah kepada Allah.Disebutkan bahwa jika mereka menghentikan pertempuran dan mengakhiri kesewenang-wenangan mereka,keputusan Allah untuk menjatuhkan siksaan tak akan dilaksanakan dan Allah tahu apa yang dilakukan manusia


2. ''Perangilah mereka,niscaya Allah akan menyiksa mereka dengan (perantaraan) tangan-tanganmu dan Allah akan menghinakan mereka dan menolong kamu terhadap mereka serta melegakan hati orang-orang yang beriman '' ( QS 9:14)

Penjelasan ayat:
(Lihat ayat-ayat sebelumnya di Al-Qur'an agar lebih jelas)
Ayat ini menyatakan bahwa kaum kafir diperangi karena mereka melanggar sumpah mereka sendiri setelah berjanji untuk tidak menyerang,tetapi mereka melanggar perjanjian,mereka mengusir Rasul dan memerangi umat islam


3. ''Hai orang-orang yang beriman,perangilah orang kafir yang disekitar kamu itu,dan hendaklah mereka menemui kekerasan daripadamu,dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa''

Penjelasan ayat:
Ayjt ini turun saat orang-orang kafir mulai mengadakan penindasan terhadap kaum muslim. Adapun tujuan dari perintah perang disini adalah untuk menghentikan penindasan.

Menjadi jelaslah bahwa islam memerangi kafir bukan karena semena-mena,seenaknya saja,sewenang-wenang,tidak punya perasaan. Akan tetapi karena mereka yang memulai,karena mereka menindas islam,memerangi islam,melanggar perjanjian dll.

Islam tidak pernah mengajarkan untuk memerangi kafir yang tidak pernah jahat kepada islam,bahkan Allah tidak melarang untuk berbuat baik kepada kafir yg tidak memerangi islam.

Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.( AL MUMTAHANAH 8)

 Dan ALLAH hanya menyuruh memerangi kafir yang memerangi kita dan tida berlebih-lebihan

" Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu (tetapi) janganlah kamu melampau batas . Karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas"
  




0 komentar:

Posting Komentar