Minggu, 15 Juli 2012

facebook......... haram ??

Menurut saya, bukanlah sebuah keputusan yang tepat jika ada seorang ulama yang memfatwakan bahwa facebook itu haram....

Ulama yang mengharamkan facebook mungkin karena mereka melihat banyak sisi buruknya seperti

1. Dengan adanya facebook, pergaulan antara perempuan dan laki-laki sepertinya menjadi tanpa batas
2. facebook membuat anak anak muda khususnya , bisa berjam-jam bermain facebook bahkan meninggalkan kewajibannya seperti shalat dan belajar, atau hal lain yang lebih bermanfaat .
3. anak anak remaja khususnya , sarana mereka untuk pamer-pamer foto, apalagi bila foto yang menampakkan kecantikan dan auratnya. Apakah mereka tidak bisa membayangkan?? berjuta pasang mata yang memandangi mereka dan mereka memancing agar lawan jenis mereka tidak bisa menjaga pandangan
4.Banyaknya korban kejahatan lewat jejaring sosial ini
5. Mereka para facebookers, biasanya lebih banyak curhat di dinding facebook daripada curhat kepada Allah SWT
6. Memicu terjadinya pergaulan bebas
7. Buang - buang waktu atau buang buang uang

Mereka yang mengharamkan facebook mungkin karena melihat angka negatif yang cukup besar, akan tetapi... menurut saya untuk mengharamkan facebook secara mutlak adalah hal yang kurang logis, kalau begitu mengapa harus facebook saja yang difatwakan haram oleh mereka??..... mengapa tidak jejaring sosial yang lain lainnya juga....?

Kita sebagai remaja yang bisa menegakkan keislaman dan mengikuti perkembangan zaman, sangatlah tidak efektif jika ada suatu media lantas kita menghindari dari media itu karena takut terjatuh ke hal yang haram...

padahal, facebook itu tergantung dengan orang yang memilikinya.. tergantung cara ia menggunakan, tergantung bagaimana cara ia melakukan facebook tersebut, tergantung cara memanfaatkannya...

jika kita lihat, sangat banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari facebook, diantaranya

1.Mempererat silaturahmi
Ya, mungkin ini adalah kegunaan dari facebook yang paling bisa kita rasakan. Bahkan dengan facebook, kita bisa menemukan kembali orang - orang yang pernah kita kenal di masa lalu.

2.Mengetahui potensi diri
Dalam facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa sih kita sebenarnya. Namun, kita juga harus tetap waspada, sebagian kuis yang terdapat dalam facebook mengandung unsur - unsur ramalan, dan sudah tentu anda paham bahwa percaya pada ramalan merupakan sebuah kesyirikan, dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah ta'ala .

3.Media promosi
Jelas, facebook bisa digunakan sebagai media promosi, entah itu mempromosikan produk, jasa, instansi, atau hal lain. Bahkan, pada saat pemilu legislatif kemarin, sebagian caleg juga menggunakan facebook untuk media kampanyenya.

4.Sarana diskusi
Di facebook kita bisa bergabung dengan berbagai komunitas / grup.

5. Sarana untuk berdakwah
yaa.. facebook bisa digunakan untuk sarana berdakwah, misal : kita membuat status sebuah ayat Al Qur'an.. nah, berarti kita sudah menyampaikan meskipun hanya satu ayat dan itupun telah dibaca ratusan pasang mata..

6. Saran untuk memperdalam agama
kita bisa memperdalam ilmu agama dengan menggunakan facebook,dengan cara menyukai halaman halaman tentang keislaman, dengan begitu , halaman tersebut biasanya akan share tentag bermacam macam ilmu yang bermanfaat tentang islam..

7. Sarana untuk berdiskusi atau tanya jawab tentang islam/ pelajaran lainnya
 Di facebook, sangat banyak halaman untuk tanya jawab dan lain-lain yang memoermudahkan kita untuk mengetahui sebuah ilmu yang bermanfaat.

8. facebook menjaga agar tidak hilangnya persahabatan kita terhadap teman kita sekarang untuk waktu yang akan datang, pasalnya.. kita dapat dengan mudah mengetahui keadaannya melalui facebook ini


Nah.. hal di atas hanyalah sedikit saja dampak positif dari facebook.. jikalau teman pintar memanfaatkan facebook ini, insyaAllah teman tidak akan mendapati dampak buruk/negatif dari facebook ini.. Dan hanya mendapatkan kebaikan daripadanya, tergantung cara anda mempergunakan dan memanfaatkannya.

kesimpulan : Facebook tidak mutlak haram, bahkan sangat bermanfaat jika kita bisa mengelolanya dengan baik ......






0 komentar:

Posting Komentar